Friday, July 30, 2010

Serigala Nenek Moyang Anjing ?

Oke, setelah posting soal teka-teki yang tidak ada habisnya, yaitu asal usul ayam dan telur, kali ini Ladida mau bahas soal nenek moyang anjing. Kan lumayan juga buat sharing. Nih juga Ladida dapat dari hasil jalan-jalan di dunia maya.

Kembali ke benang merah. Kalian tahu anjing kan ?? (Pertanyaan yang tidak penting). Yah, hewan yang suka menggonggong ini memang masih diteliti oleh para ilmuwan untuk mencari tahu hewan apakah yang merupakan nenek moyang anjing ini.

Rahang atas yang ditemukan pada tahun 1873 di Kesslerloch Gua, dekat perbatasan utara Swiss dengan Jerman, yang diduga hidup di antara ada 14.100 dan 14.600 tahun yang lalu, diperkirakan merupakan nenek moyang anjing. Tapi hewan apa itu ??

Salah satu analisis menyebutkan bahwa anjing adalah serigala modern. Serigala yang dijinakkan pertama kali disebutkan sebelumnya berada di Asia, Eropa Timur dan Timur Tengah.

Menurut mahasiswa pascasarjana arkeologi Universitas Tubingen, Hannes Napierala dan Hans Peter Uerpmann, penemuan di Kesslerloch Gua dengan jelas mendukung gagasan bahwa anjing adalah hewan domestik yang digunakan pada saat itu di Eropa tengah. Dia menyebutkan rahang atas itu adalah milik seekor serigala. Jadi, serigala adalah nenek moyang anjing.

Tapi ada juga penuturan bahwa masih ada ditemukan fosil yang lebih tua dari itu, namun yang baru diklarifikasi adalah rahang atas yang dijelaskan oleh Hannes dan Hans tadi.

Hmm, jadi begitulah penuturan dari Hannes Napierala dan Hans Peter U. Lha terus, nenek moyang serigala apa ?? Wah masih teka-teki lagi nich.

Keep visiting ya !!!

No comments:

Post a Comment