Saturday, January 15, 2011

Black Hole


Pernahkah kalian mendengar istilah Black Hole? Iya, pasti kita sering membaca dan mendengar cerita tentang benda yang sangat misterius ini. Black Hole sering dijadikan ide untuk membuat film "Fiction Science" seperti pada film "Planet of The Apes", yaitu sang tokoh utamanya masuk ke black hole terus jatuh di sebuah dunia yang dihuni oleh monyet-monyet cerdas. Sebenarnya apa itu Black Hole? Sebelum lanjut membaca, yakinkan Anda pada saat konsentrasi tinggi untuk memahaminya, heheheee.

Black Hole adalah sebuah bintang yang telah kehabisan bahan bakarnya, akibatnya dia hancur ke dalam dirinya sendiri, dan akhirnya berubah menjadi sebuah lubang hitam dengan kerapatan tak hingga dan volume nol serta medan magnet yang amat kuat, saking kuatnya cahaya pun akan tersedot masuk ke dalamnya. Kita tidak akan sanggup melihat lubang hitam dengan teropong terkuat sekalipun, karena saking kuatnya tarikan gravitasi lubang hitam. Cara mengetahui adanya Black Hole cuma dengan menganalisa dampak yang ditimbulkannya di wilayah sekelilingnya.

Black Hole tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Beberapa obyek (termasuk matahari dan bumi) tidak akan pernah menjadi black hole, karena tekanan gravitasi pada matahari dan bumi tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir yang dimilikinya yang bersifat melawan tekanan gravitasi.

Black Hole--Ladida CafeDi samping merupakan rekaan dari Black Hole di depan galaksi Bima Sakti yang bermassa 10x massa matahari kita, dilihat dari jarak 600 km.

Massa dari Black Hole terus bertambah dengan cara menangkap semua materi di dekatnya. Semua materi tidak bisa lari dari jeratannya jika melintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan terhisap. Kalau dalam film-film kita sering melihat Black Hole dapat menghisap semua benda jauh maupun dekat, padahal Black Hole hanya bisa menarik materi yang lewat sangat dekat dengannya.

Contoh : bayangkan matahari kita menjadi Black Hole (massa tidak berubah). Kegelapan akan menyelimuti bumi dikarenakan tidak ada pancaran cahaya dari lubang hitam, tetapi bumi akan tetap mengelilingi lubang hitam itu dengan jarak dan kecepatan yang sama dengan saat ini dan tidak terhisap masuk kedalamnya. Bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mil dari black hole, namun sebenarnya bumi berjarak 93 juta mil dari matahari.

Selain dengan menghisap benda-benda di sekitarnya, Black Hole juga dapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan dengan Balck Hole lain sehingga menjadi satu Black Hole yang lebih besar. Woww.

Source :
Wikipedia

No comments:

Post a Comment