Friday, December 17, 2010

Gedung Baru Google

Berita baru datang dari google. Kabarnya google akan membeli gedung terbesar di New York. Setelah Ladida cari-cari info tersebut, ternyata infonya kurang lengkap. Seperti dikutip di beritanet, beritanya tidak berisi alamat gedung itu. Kemudian saya beralih ke Kaskus, saya dapat info lumayan di sini. Diberitakan google membeli sebuah bangunan, bergengsi 2,9 juta kaki persegi di 111 New York Eigth Avenue. Bangunan tersebut meliputi blok seluruh kota, antara 15 dan 16 Streets dari Eigth ke Ninth Avenue. Bertempat di Otorita Pelabuhan New York dan New Jersey, berlokasi 550.000 meter persegi, serta operasi data center untuk perusahaan seperti Telx.

Namun dari 2 sumber itu terjadi perbedaan harga dari gedung terbesar di New York itu. BeritaNet menyebutkan harga dari gedung itu $1,9 miliar , tapi di KasKus disebutkan $19M. Cuma beda koma, tapi kalau salah informasi bisa mengakibatkan salah paham.

Namun akhirnya saya dapat info yang pasti tentang gedung baru google ini dari search engine land. Harga yang sebenarnya adalah $1,9 miliar. Jika memang berjalan lancar, transaksi ini akan jadi transaksi terbesar untuk sebuah bangunan di AS dalam tahun ini.

Sebelumnya bangunan ini telah dipasarkan 2 kali, yaitu tahun 1998, dijual ke Taconic kurang dari $300 juta. Dan tahun 2004, sekitar $800 juta oleh Jamestown.

Sebenarnya google sudah menyewa sekitar 550.000 kaki persegi gedung itu dan sekitar 1/6 dari permukaan digunakan perusahaan. Luas sekitar 2,9 juta kaki atau sekitar 270.000 meter persegi merupakan bekas dari New York and New Jersey Port Authority dan juga pernah digunakan perusahaan besar seperti Nike dan Armani. Karena google datang, jadi, 1/3 ruang itu ditempati perusahaan telekomunikasi.

Google membeli gedung ini sebagai bagian dari rencana ekspansi mereka di belakang Apple besar pada awal 2006. Namun, ada rumor sebelumnya bahwa google merencanakan untuk merekrut ribuan pegawai baru di seluruh dunia, jadi mereka akan membuat gedung yang lebih besar untuk menampungnya.

Source :









No comments:

Post a Comment