Monday, September 13, 2010

Latihan Moderasi Komentar

Sudah sekitar 1 tahun Ladida bermain-main di dunia blog, tapi baru 1 semester terakhir blog ini eksis. Sudah banyak rombakan dan modifikasi yang sudah diterapkan di blog ini. Mulai ganti template, gadget, dan lain-lain supaya blog ini tetap eksis dan nyaman bagi pengunjung / pembaca.

Hal itu dilakukan karena adanya banyak kritikan. Seperti harus mengganti Shoutmix dengan CBox, yang Alhamdulillah pada akhirnya membuat blog ini semakin eksis. Dan salah satu kritikan yang bermanfaat adalah tentang menu komentar di blog ini. Para pembaca meminta blog ini tidak menggunakan kode verifikasi. Awalnya, blog ini menggunakan kode verifikasi untuk komentator, tapi ternyata template ini tidak mendukung, kode verifikasinya tidak terlihat, jadi kode verifikasi harus dihapus. Sampai akhirnya blog ini mulai banyak menerima komentar. Senang rasanya. Tapi karena itu, Ladida tidak tahu adanya komentar yang terdapat di artikel lama. Jadi, blog ini dirubah lagi menggunakan moderasi komentar.

Bagi para pengguna blogger, pasti mengerti ada fitur terbaru pada blogger yaitu menu komentar. Yang sudah berisi komentar yang dipublikasikan, moderasi, dan spam (yang ada dalam account saya). Nah, fitur ini sangat membantu. Tapi, Ladida punya masalah yang akan dibagi di sini.

Ladida mempunyai dilema untuk mempublikasikan komentar moderasi yang masuk, itulah masalahnya. Kadang ada komentar yang tidak nyambung dengan artikel, saya bermaksud tidak mempublikasikannya, tapi saya merasa tidak enak jika artikel saya dicek oleh komentator tadi. So, mungkin para blogger profesional berfikir, kenapa komentar sudah dimoderasi kok masih mempublikasikan komentar tidak nyambung. Untuk komentar yang sifatnya mengkritik atau tidak setuju dengan isi artikel di sini, Insya Allah akan tetap dipublikasikan dan akan ditanggapi secara netral. Tapi, maaf untuk komentar SPAM dan menyinggung SARA sama sekali tidak diizinkan di sini.

Jadi, saat ini Ladida baru latihan untuk seleksi komentar. Karena itu juga, bagi sobat yang sudah menyumbang komentar, tapi komentarnya tidak ada, Ladida mohon maaf. Nah, bagaimana menurut kawan-kawan sekalian tentang dilema saya ??
(Terima kasih untuk Anda, pembaca dan kawan-kawan yang sudah memberi kritik dan saran di blog ini, mungkin untuk sementara Ladida Cafe vacuum dulu karena persiapan sekolah. Untuk komentar yang masuk akan saya publikasikan lewat mobile phone)

No comments:

Post a Comment