Thursday, August 26, 2010

Pesawat Jatuh Gara Gara Malware

Tahun 2008, Pesawat dari Spanair 5022 milik Spanyol terjatuh dan menewaskan 154 penumpang, termasuk warga Indonesia. Hmm, ada yang masih ingat ?? Mungkin ada beberapa. Info terakhir dari peristiwa itu, penyebab pesawat jatuh adalah malware. What ?? Malware ??

Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama yaitu mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem. Contoh dari malware adalah Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan Rootkit. (Coretech.blogspot.com | Pengertian dan Contoh Malware)

Nah, Malware yang beraksi kali ini adalah sejenis Trojan yang menginfeksi komputer Bandara Barajas, Madrid. Dalam kecelakaan itu, pesawat gagal take-off di bandara Barajas International Airport. Kegagalan terjadi karena flap dan slat pesawat belum mengembang tapi tidak ada peringatan bahwa ada kesalahan seperti itu.

Komputer yang terinfeksi malware itu fungsinya buat deteksi masalah di pesawat dan memberi peringatan. Kalau tidak terkena malware, dan berhenti operasi, komputer itu harusnya bisa mencegah Spanair 5022 melakukan lepas landas.

Peneliti keamanan dari Trend Micro, Jamz Yaneeza, menduga malware itu masuk melalui beberapa cara. Salah satu yang paling mungkin adalah melalui USB Flashdisk yang terinfeksi.

Tapi penyelidikan masih berlangsung, mungkin si tersangka alias malware ini bisa jadi pelaku utama. Atau mungkin saja saksi. Heheee.

Keep visitin' ya !!!

No comments:

Post a Comment